Rekomendasi 8 Ciri-ciri Asam Lambung Naik

Asam lambung yang naik memang harus dihindari dan sudah menjadi kondisi yang dialami oleh beberapa orang sebelum mereka meninggal dunia yang menunjukkan hal ini sangat bahagia.

Walaupun begitu, asam lambung bisa naik bukan karena penyebab faktor umur ataupun orang yang sedang sakit, namun asam lambung bisa dialami oleh siapa pun dan umur berapa pun.

Asam lambung yang naik merupakan sebuah kondisi dimana asam lambung berada di perut kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan berbagai gejala yang terasa tidak nyaman.

Beberapa penyebabnya adalah seperti, makan terlalu banyak, langsung tiduran setelah makan, makan terlalu dekat dengan waktu tidur, minum kopi, minum alkohol, merokok, hamil, dan efek samping obat-obatan

Maka dari itu, Anda harus segera mengetahui ciri-ciri asam lambung yang naik agar bisa segera melakukan pengobatan yang tepat.

Namun, apa saja sih ciri-ciri dari asam lambung yang naik? Simak Berikut

1. Rasa Asam di Mulut

Ciri-ciri yang pertama dari naiknya asam lambung dan sering terjadi adalah terdapat rasa asam yang ada di mulut dan juga di bagian tenggorokan terasa seperti sensasi yang sedang terbakar.

Rasa asam yang membuat mulut terasa tidak enak ini harus segara diatasi dan dilakukan penyembuhan.

2. Heartburn

Heartburn juga salah satu ciri-ciri asam lambung naik yang paling umum yaitu sensasi panas yang terjadi di sekitar area dada. Sensasi terbakar di dada akan timbul saat asam lambung naik ke kerongkongan dari perut.

3. Sulit Menelan

Hal yang satu ini mungkin terdengar sepele, namun sulit menelan bukanlah sekedar tidak nafsu makan atau sudah kenyang, melainkan bisa saja efek dari ciri-ciri terjadinya asam lambung yang naik.

Sulit menelan atau disfagia adalah salah satu ciri-ciri asam lambung yang naik, yang dimana kondisi lain yang menyebabkan disfagia bisa terserang penyakit kanker, parkinson, stroke, dan multiple sclerosis.

4. Regurgitasi

Regurgitasi adalah kondisi dimana kita merasakan sensasi saat cairan dan isi lambung bergerak keatas atau biasa disebut sebagai muntah.

Sensasi yang terasa seperti ingin muntah ini memang bisa terjadi dalam beberapa kasus yang berujung terjadinya muntah.

5. Dispepsia

Cartoon stomach in the woman belly filled with gas the cause of flatulence and stomach ache, inflammatory bowel disease, Irritable Bowel Syndrome

Dispepsia atau rasa tidak nyaman di perut juga bisa saja menjadi ciri-ciri asam lambung yang naik. Terkadang kita memang merasa rasa tidak nyaman di perut hanyalah rasa ingin buang air besar, melainkan hal ini juga bisa memicu asam lambung yang naik.

Gejala ini biasanya dikenal sebagai gangguan pencernaan yang menimbulkan mual, seperti merasa kembung, sakit perut, mual, dan sering bersendawa.

6. Sakit Tenggorokan

Mungkin kita merasa sakit tenggorokan hanyalah radang tenggorokan atau batuk lainnya. Namun, rasa sakit di tenggorokan juga bisa saja menjadi ciri-ciri dari asam lambung yang sedang naik.

Salah satu gejala asam lambung yang naik selain rasa sakit pada tenggorokan adalah, seperti suara yang serak ataupun benjolan yang ada di tenggorokan.

7. Batuk Kering

Mungkin kita sudah terbiasa dengan batuk berdahak, namun jika memang terjadi batuk kering, hal ini bisa saja menjadi ciri-ciri asam lambung yang naik.

Pasalnya, batuk kering yang terjadi pada orang dewasa ini biasanya disertai dengan timbulan benjolan yang cukup menggangu di tenggorokan.

8. Sesak Nafas

Sesak nafas juga salah satu ciri-ciri asam lambung yang naik bahkan dapat memperburuk gejala asma baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Nah, itulah 8 ciri-ciri asam lambung yang naik. Jangan pernah meremehkan suatu penyakit segeralah periksa dan berkonsultasi ke dokter.