4 Ciri Ciri diabetes yang harus kita ketahui

Diabetes termasuk penyakit yang sangat umum di Indonesia, diabetes biasa dialami oleh penduduk Indonesia pada saat umur 15 Tahun keatas. Namun hanya 30% yang menunjukan gejala dan resmi terkena diabetes. Kebanyakan penderita diabetes sering kali mengalami gejala awal dan mereka baru menyadari saat melakukan pengecekan gula secara sengaja ataupun tidak sengaja. Nah diabetes sendiri memiliki 2 tipe yang berkembang secara pelan- pelan dan berkembang secara cepat. Maka dari itu kalian harus tau apa sih ciri ciri orang diabetes? Karena jika mendapatkan pengobatan lebih cepat dan lebih awal maka peluang pengobatannya akan jauh lebih besar dan meminimalisir resiko komplikasi yang terjadi. Berikut 4 Ciri ciri diabetes yang harus kalian ketahui!

Gampang Haus

Gejala yang paling sering terjadi adalah gampang haus, karena rasa haus ini akan berbeda dengan rasa haus biasanya karena rasa haus ini tidak akan hilang meskipun kalian sudah minum. Pada kondisi yang normal gula yang ada didalam darah akan disaring ginjal untuk diserap Kembali kedalam darah, namun jika kadar gula tinggi ginjal tidak dapat menyerap gula dan gula akan menumpuk kedalam urine. Dengan Urine yang kadar gulanya tinggi menarik molekul air lebih banyak sehingga kalian merasakan kadar air yang selalu kurang dan frekuensi kencing semakin meningkat, kondisi seperti ini membuat penderita diabetes menjadi cepat haus dan lebih banyak minum.

Buang Air Kecil

Seperti yang sudah dikatakan tadi, jika kalian sering buang air kecil menandakan bahwa kalian menderita diabetes, karena gejala ini jika semakin kuat menandakan diabetes kalian terjadi pada malam hari, dan membuat anda terbangun hanya untuk pergi ketoilet, Diabetes cendering sering buang air kecil karena kadar gula yang sudah terlalu tinggi dan ginjal tidak mampu untuk menyerap gula tersebut sehingga akan menumpuk pada urine yang menyebabkan kalian sering buang air kecil dan mengalami dehidrasi terus menerus.

Berat Badan Turun Drastis

Dalam hal ini berat badan dikatakan turun dengan drastic jika penuruannya lebih dari 5% dari total berat badan kalian, normalnya tubuh kalian membutuhkan sumber gula untuk sumber energi, namun karena masalah insulin yang tak mampu memproses gula menjadi energi tubuh mulai mencari sumber lain yaitu lemak ataupun protein maka dari itu tubuh akan terus memecah lemak dan otot untuk dijadikan energi, pemecahan otot dan lemak ini yang membuat kalian mengalami penurunan berat badan yang drastic dan menjadi kurus.

Luka sulit untuk disembuhkan

Infeksi,  gigitan serangga, memar atau luka diabetes yang tidak sembuh-sembuh bisa menjadi beberapa gejala diabetes. Hal ini karena gula darah  tinggi menyebabkan dinding  arteri menyempit dan mengeras. Ini menghalangi aliran darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Padahal, bagian tubuh yang cedera membutuhkan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah agar cepat sembuh. Selain itu, sel-sel tubuh sulit memperbaiki jaringan dan saraf  yang rusak. Oleh karena itu, penyembuhan luka terbuka  cenderung lebih lambat pada penderita diabetes. Kadar gula darah yang tinggi juga menyebabkan sel-sel tubuh bertanggung jawab untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap lemah. Akibatnya, luka kecil pun bisa berkembang menjadi infeksi serius yang sulit disembuhkan.

Inilah beberapa ciri ciri diabetes yang kalian harus ketahui, Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan secara mandiri atau berkonsultasi dengan dokter.Jika Anda didiagnosis menderita diabetes, Anda dapat mencegah komplikasi dengan menjalani perbaikan gaya hidup dan pengobatan jika diperlukan.