5 Ciri Sakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Batu ginjal merupakan sebuah endapan keras dari mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Mineral itu adalah sebuah limbah yang ada di dalam darah lalu mengkristal dan mengendap sehingga menyerupai batu di ginjal.

Penyebab penyakit batu ginjal juga bisa beragam. Seperti pola makan yang tinggi gula, protein, hingga garam. Selain itu, batu ginjal juga bisa di sebabkan oleh factor keturunan, kurang minum, obesitas, hingga konsumsi suplemen dosis tinggi berlebihan dan vitamin.

Batu ginjal juga dapat terbentuk saat mineral tertentu menumpuk di dalam tubuh. Penyakit ini bisa mempengaruhi tiap bagian dari saluran kencing sehingga membuat penderitanya merasa kesakitan. Nah, ada beberapa ciri dari orang yang terkena batu ginjal. Apa saja? yuk simak.

1.Air Seni Keruh / Berbau

Urine yang sehat biasanya berwarna jernih dan tak berbau. Air seni yang keruh dan berbau tidak sedap bisa jadi tanda infeksi pada ginjal atau saluran kencing. Urine yang keruh itu di pengaruhi oleh nanah di dalam urine atau piuria.

Sedangkan baunya sendiri berasal dari bakteri karena saluran kencing yang terinfeksi dan konsentrasi urine yang mengandung banyak mineral.

2.Sakit Pinggang, Punggung, serta Perut

Nyeri di karenakan batu ginjal atau kolik ginjal merupakan sebuah jenis nyeri dengan derajat rasa sakit yang paling parah. Beberapa penderita batu ginjal juga menyebut kalau rasa sakitnya setara dengan ditusuk dengan pisau atau melahirkan.

Rasa sakit biasanya mulai terasa parah di saat batu ginjal bergerak ke ureter. Kondisi ini menyebabkan terjadi penyumbatan serta menimbulkan tekanan di ginjal. Tekanan ini juga mengaktifkan saraf untuk mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Nyeri dari batu ginjal biasanya datang tiba – tiba saat batu bergerak. Rasa sakit ini bisa makin para saat ureter berkontraksi untuk mendorong batu keluar. Rasa sakitnya bisa terasa di punggung, pinggang, bawah tulang rusuk, hingga menjalar ke perut dan selangkangan.

3.Ada Darah Dalam Urine

Darah di dalam urine juga merupakan sebuah ciri – ciri sakit batu ginjal yang paling umum. Kondisi ini di sebut dengan hematuria. Darah di dalam urine penderita batu ginjal bisa berwarna merah, merah muda, maupun cokelat. Kadang, darah ini ukurannya sangat kecil sampai hanya bisa di lihat lewat mikroskop saja.

4.Kencing Sedikit

Batu ginjal tak jarang juga tersangkut di ureter dan menimbulkan penyumbatan. Kondisi ini bisa menghambat aliran kencing. Kalau ada penyumbatan di saluran kencing, maka buang air kecil jadi tak lancar dan hanya bisa keluar sedikit – sedikit.

Saat kencing tak bisa keluar sama sekali, maka penderita batu ginjal telah mengalami kondisi darurat medis.

5.Kencing Terasa Panas, Sakit, dan Sering

Sesudah batu ginjal mencapai persimpangan di antara ureter dan kandung kemih, penderitanya biasanya akan merasakan nyeri. Kondisi ini di dalam dunia medis di sebut dengan dysuria. Rasa sakitnya bisa terasa sangat panas dan tajam mirip terbakar.

Karena gejala batu ginjal ini mirip dengan penyakit lain, maka beberapa penderita batu ginjal pun mengira bahwa penyakitnya ini adalah infeksi saluran kemih. Keinginan sering kencing padahal tak sedang banyak minum juga bisa jadi tanda batu ginjal mulai bergerak ke bawah saluran kencing. Pada tahap ini, penderitanya bisa sering kencing sepanjang siang dan malam.

Itulah beberapa ciri penyakit batu ginjal yang harus kalian perhatikan. Semoga bermanfaat.