Ciri-Ciri dan Tanda Gula Darah Naik Tidak Terkontrol

Ada banyak orang yang mungkin mereka tak sadar kalau mereka punya gula darah yang tinggi di dalam tubuhnya. Gula darah yang tinggi atau yang biasanya di sebut sebagai hiperglikemia sendiri terjadi di saat ada penumpukan glukosa berlebihan di dalam aliran darah.

Gula darah yang tinggi juga seringkali menjadi perhatian untuk orang – orang yang mengidap diabetes. Tetaoi, sebetulnya perlu pula menjadi perhatian untuk orang yang belum mendapatkan diagnosis diabetes.

Kadar gula darah yang normal di dalam tubuh sendiri adalah kurang dari 100 mg / dl. Tubuh yang masih dalam kondisi yang normal itu bisa merespons glukosa dari makanan yang masuk ke dalam aliran darah. Biasanya saat tersebut terjadi di saatpankreas membuat insulin dalam jumlah yang pas untuk membantu memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel – sel tubuh.

Lalu, dari sana glukosa akan di ubah menjadi energi cadangan tubuh. Tujuan dari kerja hormon insulin yang di hasilkan pankreas adalah untuk menjaga jumlah glukosa di dalam darah dengan kisaran yang sehat. Tetapi, saat jumlah glukosa yang masuk dari makanan terlalu tinggi maka bisa terjadi respon yang tak biasa lalu memunculkan ciri – ciri di bawah:

1.Pengelihatan Kabur

Saat ada kelebihan gula di dalam darah, maka hal tersebut bisa mempengaruhi beberapa area yang tidak terduga di dalam tubuh, salah satunya adalah mata. Pada dasarnya, gula yang berlebihan di dalam darah kita akan bisa terperangkan pada lensa yang ada di tengah mata sehingga menyebabkan efek kabur pada pandangan.

Tetapi, efek pengelihatan yang kabur ini sifatnya hanya sementara serta tak sama dengan kerusakan nyata yang bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang untuk para penderita diabetes.

2.Kelelahan

Tiba – tiba merasa lelah mungkin saja jadi ciri – ciri awal yang sangat umum kalau gula darah naik. Gejala ini dapat terjadi bahkan pada orang yang tak mengidap diabetes saat ia makan karbo berlebihan. Kalau kalian gampang lelah apalagi setelah makan, ada kemungkinan gula darah naik.

Apalagi, asupan makanan yang kalian makan juga sudah sangat jelas memiliki kandungan banyak karbohidrat. Makan karbo tidak ada salahnya, namun ada baiknya tidak mengonsumsinya berlebihan dan mengundah efek kelelahan secara konstan, di sarankan untuk konsultasi dulu kepada dokter.

3.Sakit Kepala

Dehidrasi dari penyebab apa pun bisa memicu sakit kepala. Gula darah yang naik akan bisa membuat dehidrasi, itulah kenapa kondisi ini juga bisa menimbulkan efek sakit kepala. Tentu saja sakit kepala bisa jadi tanda dari berbagai hal yang berbeda.

Tetapi sebaiknya kalian pergi memeriksakan diri kalau memang merasa bahwa hal tersebut merupakan hal yang baru atau di sertai dengan gejala lain dari gula darah yang naik.

4.Kehausan

Kehausan merupakan efek berantai yang di alami dari sering kencing. Kehausan biasanya terjadi di karenakan tubuh kalian mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri akan jadi siklus dari efek naiknya gula darah. Makin banyak kalian buang air kecil, maka kalian akan semakin haus. Seteklah itu, makin banyak kalian minum maka makin banyak kalian buang air kecil dan seterusnya.

Itulah beberapa ciri – ciri gula darah yang sedang naik. Kalau merasakan salah satu dari ciri di atas, segera periksakan diri ke dokter dan berhati – hati ya. Semoga bermanfaat.